Monday, January 22, 2007

BELAJAR MANDIRI

Beberapa bulan terakhir Kira & Ziya mulai memperlihatkan keinginan untuk melakukan banyak hal sendiri. Awalnya mama ragu-ragu membiarkan, tapi kemudian mama sadar bahwa para bidadari mama & papa ini sudah tambah besar dan pintar. Jadi mama dan papa sepakat tidak melarang-larang selama hal itu aman dan baik tujuannya. Mama dan papa akan berusaha sebisa mungkin memfasilitasi, menstimulasi, mengarahkan (jika perlu diarahkan) keinginan tersebut karena kami tahu hal ini penting untuk proses belajar mandiri Kira & Ziya.

Kemarin ini saat mama suapi, Kira & Ziya tiba-tiba gantian merebut sendok dari tangan mama. Setelah itu dua-duanya ngambek nggak mau disuapi lagi. Ya sudah, mama cari akal, ambil lembar-lembar koran, letakkan bangku dan meja di atasnya, lalu ajak Kira & Ziya ke ruang tengah. Masing-masing mama beri piring, sendok, gelas dan sesuap nasi. Sementara nasi plus lauk-pauk lengkap yang belum habis masih mama pegang dan sesekali berusaha menyuapi Kira & Ziya meskipun akhirnya nggak berhasil (sebab Kira & Ziya sama sekali nggak mau diganggu konsentrasi makan sendirinya, euy..). Coba lihat fotonya: awalnya sih rencana berjalan ok,
kemudian oops ..makin asik, semua bertebaran di lantai, lanjut berceceran ke atas tumpukan rak koran, yang satu lagi berceceran ke atas meja di ruang tamu.Kalau hanya mikir hasil akhirnya, kening mama udah mengkerut-kerut nggak karuan aja..tapi kalau berpikir bahwa ini proses penting awal belajar makan sendiri Kira & Ziya, mama bisa juga siul-siul sambil ngelus dada menyabarkan diri hehehe…

Nah yang berikutnya keinginan Kira & Ziya pakai sepatu dan kaus kaki sendiri,














Dalam beberapa minggu terakhir, Kira & Ziya udah pintar bilang, “ Maaa.. pipis…”. Kadang sebelum pipis atau pup, kadang pas sedang pipis. Kalau pas sebelum pipis, atau kalau pas mama lihat wajah mereka mulai serius dan tiba-tiba pingin jongkok seperti mau pup, mama langsung siap-siap angkaaattt graaaakkk.. lalu mendudukkan Kira & Ziya di atas dudukan toilet training yang dihadiahkan bude & pakde beberapa waktu lalu, biasanya mama ngajak mereka, "..yuuukk, sayang, kita pupi sama gajaaaahhh..asiiikkk.!" (soalnya gambarnya gajah), trus mereka biasanya juga balas " ... ajaaaaahhh.... ciiiiiikkk..." hehehe

Begini nih waktu Kira & Ziya dibiarkan memilih pakaiannya sendiri… asoyyy kaaann… hehehe semua pakaian yang udah mama rapikan ke dalam box pindah tempat hanpir setengahnya ke lantai! Ini bisa juga terjadi kalau Kira & Ziya ditinggal sebentaaaarrrrr aja.. soalnya mereka sudah pintar buka kait penutup box sendiri!
Nggak jarang juga Kira & Ziya nyoba pakai kerudung mama dan sweater papa..ciluuuuukkkk baaaaa! sepertinya sih Kira & Ziya udah pingin, bantu ngangkat ember untuk jemur pakaian, bantu ngepel lantai, nyapu, ngecat dinding, hidup dan matikan tombol-tombol tv, menggeser bangku sendiri untuk manjat mengambil sesuatu sendiri,









nggak sabar pingin ikut mama & papa sholat yaa, anak-anak sholihah? Kemarin ini oma menghadiahkan Kira & Ziya masing-masign 1 set mukena & sarung yang dijahit sendiri plus sajadah kecil dari Mekah. Wah,..mereka excited banget...Kira & Ziya sejak pertama kali bisa fokus ke tv memang mama biasakan duduk manis ketika adzan berkumandang, kalau mama & papa sholat Kira & Ziya udah sering juga guling-gulingan dan bolak-balik di sekitar mama & papa, lama-lama mulai bisa mengambilkan sajadah, kopiah papa dan mukena mama tiap adzan selesai atau kalau melihat mama & papa selesai berwudhu.. Alhamdulillah... ini foto kira berusaha pakai sarung sendiri,


Nah, sip kan!
Ayo, kalian bisa, sayang! Kalau salah karena belum tahu atau belum mengerti tekniknya nggak apa-apa kok, itu namanya belajar. Seiring waktu, dengan rajin berlatih, kalian akan tahu cara yang tepat dan baik melakukannya, mama & papa yakin itu. We love you!
TENTANG MENJADI IBU ...




Waktu seperti terlalu cepat berlari.

Kali ini mama tidak tahu harus mulai dari mana, terlalu banyak yang ingin mama sampaikan. Selalu ada kepintaran-kepintaran baru yang kadang menggelitik, kadang lucu, kadang bikin kening berkerut, kadang mengharukan, membuat hari jadi lebih berwarna & setiap detik jadi lebih bermakna. Sungguh hal yang sangat nikmat melihat kalian tidur setelah puas menyusu & menemukan senyum mengembang samar-samar di bibir mungil itu.

Ah, tidak semua hal sanggup mama ceritakan, hanya bisa mama nikmati dan rasakan. Suatu saat, pada waktu kalian mengalaminya, mungkin baru kalian mengerti dan memahami. Betapa setiap detik yang kita miliki bersama sangat berharga. Subhanallah, mama sangat bersyukur diberiNya anugerah kesempatan dan diamanahkanNya dua bidadari yang istimewa. Kira, Ziya, bagi mama menjadi ibu adalah keindahan tak tergantikan!

Semoga jika nanti Kira & Ziya sempat membaca, tulisan mama bisa menjadi inspirasi betapa menjadi ibu adalah keajaiban dan membuat kalian tahun betapa mama sangat mencintai kalian. Kira, Ziya dan papa adalah energi dan inspirasi mama setiap hari. You all complete me.








Beberapa puisi buat Kira & Ziya:
www.indahip.blogspot.com

ULANG TAHUN
: kira, ziya

menyambut bangunmu pagi tadi
ingin ibu pastikan waktu berputar tanpa jeda
agar bisa merekam kepintarankepintaran itu segera
tak sabar menantimu mekar, duhai, ananda

namun entah kenapa
selepas menyusuimu malam ini tibatiba saja
ingin ibu bekukan waktu dan menguncinya dalam lemari baju
agar tak bisa ia buruburu menghembusmu besar
dan menyiapkanmu untuk lekas beranjak
dari sisi ibu

-indah ip, 2 nov 06, 8.48 pm-



MELIHATMU TUMBUH
: kira, ziya

seperti debar menunggununggu kepompong melahirkan kupukupu dan merekareka
warna apa kelak yang dibawa sayapsayap kekar di punggungmu

cintaku, adakah yang lebih menakjubkan selain melihatmu tumbuh?

-indah ip, 28 oktober 2006, 8.40 am-


JALAN PERTAMAMU
: kira, ziya

hatihati, nak, melangkahkan kaki
mulailah kanan dulu, baru yang kiri

jika tiba saatnya nanti kau lari
mengejar sejati
kemudian terbang tinggi
meraih mimpi

ingat, nak, tujulah satu saja!
yang paling utama
yang paling tinggi

: ridhoNya


-indah ip, 28 jul 06, jalan pertama & 30 okt 06, 9.49 pm-

MERAWAT SAKITMU, NAK
: kira & ziya

ketika matahari hilang dari wajah pagimu
ketika itulah hujan yang paling hujan jatuh
di pipi ibu

-indah ip, 16 april 2006, 06.00 pm-


MENYUSUIMU, SETIAP KALI
: kira & ziya

tak ada yang lebih indah selain bercermin
pada sepasang mata telaga
dan larung
dalam seribu harap tentang mimpi bintangbintang

-indah ip, 11 maret 06, 05.00 am-


MENGAMATI TIDURMU, SETIAP KALI: kira & ziya

tak ada yang lebih nikmat selain bersandar
di balik tiang kelambu
dan sesekali mencuri lengkung pelangi
dari senyum bidadari

-indah ip, 11 maret 06, 05.05 am-